LOMBA KELURAHAN HIJAU DAN BERSIH KOTA MADIUN TAHUN 2016

Sukosari, KIM–Martani.
   Program pemerintah Kota Madiun bidang penghijauan dan kebersihan (go green and clean) tahun 2016 berusaha diwujudkan secara nyata. Program tersebut dilaksanakan untuk mendukung keberhasilan Pemkot meraih piala Adipura yang kelima kalinya pada 2015 lalu. Perlombaan kelurahan hijau dan sehat diikuti oleh masyarakat dan jajaran pemerintahan Kelurahan Sukosari,  dan sudah dilaksanakan penilaian oleh tim, pada hari Jum’at, 15 April 2016.
Persiapan menghadapi lomba hijau dan bersih (go clean and green) oleh warga Kelurahan Sukosari sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu. Warga bergotongroyong menanam pohonb uah-buahan di seputar pinggir jalan Sri Wibowo, Sri Widodo, Sri Kaloko dan Sri Linuhung yang berada di pinggir area persawahan. Pohon buah-buahan yang ditanam adalah lengkeng. Pertimbangan warga menanam pohon lengkeng karena pohon ini terbukti bisa berbuah tiga tahun setelah ditanam.
Antusiasme warga Kelurahan Sukosari dalam menghadapi lomba hijau dan sehat itu patut diapresiasi dengan banyaknya tanaman pohon yang disumbangkan baik secara perorangan maupun kolektif dari perusahaan yang beroperasi di wialayah Sukosari. Perusahaan yang turut menyumbang tanaman dan pohon buah antara lain PT. INKA (Persero), PT Jatisono, UD Sumber Agung, PT Refindo Intiselaras Indonesia, Gudang toko keramik. UD Sukro, PT GRM, RSIB Al Hasanahdll.
Pada kesempatan terpisah menjelang dilakukannya penilaian lomba, Kamis, 14 April 2015,  Lurah Sukosari Suryono kepada KIM-Martani,  mengungkapkan harapan dan kebahagiaannya atas partisipasi warga Kelurahan Sukosari yang besar. Buktinya,  warga bergotongroyong membersihkan, menanam, mengecat pinggir jalan, menata tanaman dalam pot dan bentuk partisipasi lainnya dengan antusiasme tinggi dan tanpa pamrih. Serta membersihkan selokan dan saluran air yang melewati jalan utama di kelurahan.
   “Kami  menghargai peranserta warga dan jerih payahnya mempersipakan wilayahnya siap dinilai oleh tim  dari Pemkot, kepada Pak RT dan RW yang berpartisipasi sepenuhnya kami mengucapkan terimakasih. Saya bangga warga Kelurahan Sukosari kompak dan mempunyai kepedulian tinggi.” kata Suryono
 
Pada Saat Lomba
Penilaian lomba Kelurahan Hijau dan Bersih (green and clean) tingkat Kecamatan |Kartoharjotahun 2016 dilaksanakan pada hari Jum’at, 15 April 2016. Tim penilai yang diterjunkan ada dua Tim. Tim I terdiri dari bagian Tata Kelola Pemerintahan, bagian Arsip, PKK, Lingkungan Hidup, Ketahanan Pangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Sedangkan Tim II yang khusus melakukan penilaian penghijauan kawasan permukiman, bertugas di luar rombongan.
Dalam pengarahannya, Ketua Tim Penilai dari BPMKB & KP Kota Madiun, Bambang Sediyono, Ssos menyampaikan, lomba penghijauan dan kebersihan tahun 2016 sangat berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya.  Pada tahun ini lomba ditekankan pada tingkat partisipasi warga, yang mempunyai nilai tinggi dalam perlombaan, termasuk penciptaan lingkungan yang hijau dan bersih.
   “Tujuan utama penilaian lomba adalah tingkat partisipasi masyarakat dalam semangat gotongroyong yang terus dipelihara dan dipupuk. Meningkatkan semangat gotongroyong berarti menambah nilai kepedulian warga pada lingkungan yang hijau dan bersih secara bersama-sama,” kata Bambang Sediyono yang sehari-hari bertugas sebagai Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Pangankantor BPMKB & KP.

Selamamelaksanakan tugas penilaian lomba  kelurahan hijaudan sehat, tim terdiridari unsur jajaranArsip Daerah, Tata Kelola Pemerintahan dan TP PKK Kota Madiun. Sedangkan unsur timpenilai dari BPMKB &KP yakni Lita Febriana H, SSTP danNurul Qomariyah, SSos. (snk, dsj)

One thought on “LOMBA KELURAHAN HIJAU DAN BERSIH KOTA MADIUN TAHUN 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *