PANEN SAMPAH DI BANK SAMPAH KARYA MANDIRI

Kimmartani Sukosari – Bank sampah Mandiri di awal tahun ini tepatnya tanggal 15 Januari 2019, kembali panen sampah.

Pagi ini ibu-ibu yang tergabung dalam anggota bank Sampah Karya Mandiri berbondong-bondong membawa sampah dari rumah masing-masing untuk dikumpulkan di bank sampah. Kegiatan tersebut rutin diadakan 1 kali dalam sebulan. Kegiatan panen sampah ini merupakan bagian dari program bank sampah yang dipimpin oleh ibu Hermin selaku direktur bank sampah Karya Mandiri, disamping jabatannya sebagai ketua PKK RT 14.

Menurut ibu Hermin, bahwa tujuan dari kegiatan bank sampah ini adalah pembelajaran bagi warga tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar, demi mewujudkan linkungan yang bersih dan sehat.

Selain itu juga bisa membantu ekonomi keluarga. Menurutnya hasil panen sampah tidak diberikan berupa uang tunai, tetapi dimasukkan ke dalam tabungan masing-masing anggota. Namun jika ada kepentingan mendesak, mereka boleh mengambil tabungan tersebut.

Agar uang tidak beku dan bisa berputar, anggota boleh pinjam untuk modal usaha dengan jasa yang sangat ringan. “Alhamdulillah panen bulan ini terkumpul 2 kwintal 23 Kg sampah,” kata pak Joni selaku ketua RT 14. “Dan tak kalah penting juga tetap guyub rukun warganya,” tambahnya.

Program bank sampah ini sangat bermanfaat, sekaligus mendidik warga masyarakat untuk peduli dengan lingkungan dengan aksi yang lebih nyata. ( Umi F – Kimmartani )

2 thoughts on “PANEN SAMPAH DI BANK SAMPAH KARYA MANDIRI

  • 15/01/2019 pada 23:18
    Permalink

    Semoga turut mengurangi masalah sampah di kota Madiun, maju terus bank sampah Sukosari

    Balas
    • 16/01/2019 pada 11:42
      Permalink

      Aamiin.
      Syukur-syukur nantinya ada inovasi yang lebih baik lagi.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *