Pelatihan Optimalisasi TIK bersama dinas KemKominfo Kota Madiun

Halo, selamat pagi, siang, sore, malam dan selamat apapun hehehe…

Info Terkini:

Hari ini ada kegiatan Pelatihan Optimalisasi TIK yang dilaksanakan dua hari, tepatnya hari Kamis dan Jumat tanggal 8 dan 9 November 2018 dimulai pukul 13.00 WIB s.d. 16.30 WiB di Universitas Widya Mandala. Kegaitan ini dilaksanakan oleh Dinas KemKominfo kota madiun yang bekerjasama dengan Relawan TIK.
Sasaran peserta pelatihan ini adalah perwakilan dari Seluruh Kelompok KIM yang ada di setiap kelurahan di kota Madiun dan juga perwakilan dari Karang taruna yang ada di setiap kelurahan. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat menjadi netizen yang baik yang selalu memposting berita-berita yang real ataupun konten-konten yang positif. Uraian kegiatan selama 2 hari sebagi beriku:
Hari pertama, Pembukaan kegiatan pelatihan, yang dibuka langsung oleh kepala Dinas KemKOMINFO kota Madiun didampingi oleh Ketua pelaksana dan Rektor dari Universitas Widya Mandala. Setelah pembukaan, peserta dibagi menjadi dua kelas, ada di kleas Lab. Komputer dan ada di Lab. Bahasa. Kegiatan yang dilakukan di setiap kelas yaitu, penjelasan terkait penggunaan Internet dan sosial media.
Setelah penjelasan tersebut setiap KIM dan karang tauran di kelurahan diminta untuk membuat Facebook khusus dan halaman yang bisa ditemukan oleh masyarakat. Tujuan dari dibuatnya sosial media tersebut agar nantinya bisa digunakan untuk mengupload kegiatan yang positif dan menarik. diharapkan konten-konten yang positif yang diupload oleh masing-masing kelompok KIM dan karang taruna setiap kelurahan bisa meminimalisir tersebarnya konten-konten negatif ataupun berita hoax.
Hari kedua, Pelatihan di hari kedua ini, setiap peserta dibekali cara mengelola dan memanfaatkan web dengan baik dan bertanggungjawab. Setiap KIM masing kelurahan login ke web masing-masing, lalu membuatkan user baru yang nantinya memudahkan oleh siapapun anggota KIM atau Karang taruna untuk mengupload berita di web tersebut. Setelah membuat user, semua peserta mendapatkan tugas yaitu, yang sebagai admin web membuat daftar jual online dari produk unggulan setiap kelurahan dan yang menjadi user mendapat tugas untuk mengupload berita apapun. Tugas tersebut sebagai latihan awal untuk mempublish informasi yang bersifat positif.
Itulah tadi sedikit cerita gambaran tentang kegiatan pelatihan optimalisasi TIK yang sangat bermanfaat untuk kita semua belajar menjadi pengguna internet dan sosial media yang produktif yang selalu menyebarkan informasi ataupun kegiatan yang positif yang bisa menginspirasi banyak orang. Dan dari pelatihan ini diharpkan juga kita mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan zaman digital ini, agar nantinya kita terhindar dari kejahatan teknologi. Semoga dilain kesempatan ada pelatihan-pelatihan yang lain yang bersifat positif dan menjadikan masyarakat yang lebih mandiri dan modern. Nantikan berita ataupun informasi terbaru selanjutnya.. sampai jumpa. (Kimmartani – Umi F)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *