JENANG SUNGSUM MBAH KOSIM

Bagi masyarakat Sukosari khususnya di lingkungan Sedoro siapa yg gak kenal dengan mbah Kosim. Selain aktif di kegiatan pengajian (Yasinan) dulu mbah Kosim di kenal sering di dapuk untuk atur2 kondangan atau pengajian. Tapi  yg lebih dikenal lagi dari mbah Kosim adalah Jenang sungsumnya. Makanan yang terbuat dari tepung beras dan santan, kemudian disajikan dengan kuah dari gula jawa, rasanya gurih & manis. Ditangan mbah Kosim rasanya jadi istimewa karena adonan takarannya pas.

   

Selain menjual sendiri di rumah juga menerima pesanan. Pelanggannya selain masyarakat sekitar Sukosari juga luar Sukosari, biasanya mereka pesan untuk acara habis punya hajatan yaitu untuk menghilangkan rasa capek dan memulihkan tenaga, yang menurut kepercayaan orang jawa perlu di Sungsumi. Namun sejak mbah Kosim kecelakaan ketika sedang masak jenang sungsum, sejak itu mbah Kosim sudah tidak membuat lagi. Tapi sekarang bagi penggemar jenang sungsum mbah Kosim sudah bisa menikmati lagi, karena sudah di teruskan oleh anaknya yaitu mb Endang. Oleh mbak Endang dibuat lebih variatif dan menarik karena sekarang tidak hanya jenang sungsum saja, tapi disediakan juga ketan hitam, biji mutiara, jenang grendul, dawet. Namun karena mb Endang juga bekerja di LKK kelurahan Sukosari jadi jualnya tidak setiap hari, hanya hari Sabtu dan minggu saja, itupun hanya beberapa jam saja sudah ludes di serbu pembeli. Harganya juga terjangkau, 1 porsi hanya Rp 3.500,-

   

Dasaran jenang sungsum mbah Kasim
Nach bagi penggemar makanan ini silahkan datang ke jln Sri widodo, setiap hari sabtu dan minggu pagi sekitar jam 06.30… jangan kesiangan ya.. Nanti tidak kebagian.. Oh iya mbak Endang juga siap terima pesanan lo….(Umi F, Kimmartani)

3 thoughts on “JENANG SUNGSUM MBAH KOSIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *